Wirausaha Adalah: Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Manfaat

Wirausaha adalah salah satu kata yang sering kita dengar dalam dunia bisnis. Namun, apakah kita benar-benar memahami apa arti, tujuan, karakteristik dan manfaat dari wirausaha? Artikel ini akan membahas secara singkat dan informatif mengenai wirausaha dan segala hal yang berkaitan dengannya.

Pengertian Wirausaha

Wirausaha berasal dari dua kata, yaitu wira dan usaha. Wira berarti ksatria, pejuang, pahlawan, atau gagah berani. Usaha berarti bekerja atau melakukan sesuatu. Jadi, wirausaha dapat diartikan sebagai orang yang berani bekerja atau melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu.

Dalam bahasa Inggris, wirausaha disebut entrepreneur. Entrepreneur berasal dari bahasa Perancis, yaitu entreprendre yang berarti petualang, pencipta dan pengelola usaha. Entrepreneur adalah orang yang memiliki kemampuan untuk melihat dan menilai peluang bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan, mengambil risiko yang diperlukan, dan mengelola usaha yang dibangunnya.

Menurut para ahli, pengertian wirausaha dapat bervariasi tergantung pada konteksnya. Berikut adalah beberapa definisi wirausaha menurut para ahli:

  • Richard Cantillon (1775): Wirausaha adalah orang yang bekerja sendiri (self-employment) dan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu.
  • J.B Say (1803): Wirausaha adalah orang yang mampu mengelola sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan meningkatkan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.
  • Penrose (1963): Wirausaha adalah orang yang melakukan identifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi.
  • Harvey Leibenstein (1968, 1979): Wirausaha adalah orang yang melakukan kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan usaha pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.
  • Dan Stein dan Jhon F.Burgess (1993): Wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasi, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

Tujuan Wirausaha

Wirausaha memiliki beberapa tujuan penting bagi dirinya sendiri maupun bagi masyarakat. Berikut adalah beberapa tujuan wirausaha:

  • Mengelola dan berani menanggung segala risiko dalam menciptakan peluang usaha dan usaha baru.
  • Mewujudkan nilai-nilai yang diinginkan dalam perilaku sebagai acuan dan proses dalam hasil bisnis.
  • Menghasilkan banyak wirausaha yang berkualitas.
  • Membantu membangun kesejahteraan masyarakat.
  • Mendorong semangat atau mensosialisasikan pengaruh wirausaha kepada orang lain.
  • Menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan sebelum diolah.
  • Mengembangkan potensi diri.
  • Melakukan apa yang disukai.
  • Melatih mental sebagai pemimpin.
  • Menciptakan perubahan.
Baca Juga :   Permainan Sepak Takraw: Olahraga Tradisional yang Menarik

Karakteristik Wirausaha

Wirausaha memiliki beberapa karakteristik atau ciri-ciri khusus yang membedakannya dari orang biasa. Berikut adalah beberapa karakteristik wirausaha:

  • Percaya diri: Wirausaha memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menjalankan usahanya. Wirausaha tidak mudah terpengaruh oleh pendapat atau kritik orang lain. Wirausaha juga tidak takut menghadapi tantangan atau hambatan.
  • Kreatif dan inovatif: Wirausaha memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang sudah ada. Wirausaha juga mampu menemukan solusi-solusi yang unik dan efektif untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi.
  • Jujur: Wirausaha memiliki integritas yang tinggi dalam menjalankan usahanya. Wirausaha tidak melakukan hal-hal yang curang, menipu, atau merugikan orang lain. Wirausaha juga menjaga kepercayaan dan reputasi usahanya.
  • Bertanggung jawab: Wirausaha memiliki tanggung jawab yang besar terhadap usahanya. Wirausaha tidak menyalahkan orang lain atau faktor eksternal atas kegagalan atau kesalahan yang terjadi. Wirausaha juga bersedia mengambil tindakan korektif atau pencegahan atas temuan-temuan yang ada.
  • Berkomitmen tinggi: Wirausaha memiliki komitmen yang kuat terhadap usahanya. Wirausaha tidak mudah menyerah atau menyerahkan usahanya kepada orang lain. Wirausaha juga selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kinerja usahanya.
  • Berorientasi pada hasil: Wirausaha memiliki tujuan yang jelas dan terukur dalam menjalankan usahanya. Wirausaha juga mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi usahanya secara sistematis dan profesional. Wirausaha juga selalu mencari cara-cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan profitabilitas usahanya.
  • Memiliki kemandirian: Wirausaha memiliki kemandirian yang tinggi dalam menjalankan usahanya. Wirausaha tidak bergantung pada orang lain atau sumber daya luar dalam mengambil keputusan atau mengatasi masalah. Wirausaha juga mampu mengelola sumber daya yang dimiliki secara optimal.
  • Selalu mencari peluang: Wirausaha memiliki kemampuan untuk melihat dan menilai peluang-peluang bisnis yang ada di sekitarnya. Wirausaha juga mampu mengambil keuntungan dari peluang-peluang tersebut dengan cara-cara yang baru dan berbeda.

Manfaat Wirausaha

Wirausaha memiliki banyak manfaat bagi dirinya sendiri maupun bagi masyarakat. Berikut adalah beberapa manfaat wirausaha:

Penghasilan sesuai keinginan

Wirausaha dapat menentukan sendiri penghasilan yang diinginkan dari usahanya. Wirausaha juga dapat menikmati hasil kerja kerasnya secara langsung.

Mengembangkan potensi diri

Wirausaha dapat mengembangkan potensi diri yang dimiliki dalam bidang yang diminati. Wirausaha juga dapat belajar banyak hal baru dan meningkatkan kemampuan dan kompetensinya.

Baca Juga :   Teks Deskriptif: Memvisualisasikan dengan Kata-kata

Melakukan apa yang disukai

Wirausaha dapat melakukan apa yang disukai dalam menjalankan usahanya. Wirausaha juga dapat merasa senang dan puas dengan pekerjaannya.

Melatih mental sebagai pemimpin

Wirausaha dapat melatih mental sebagai pemimpin dalam mengelola usahanya. Wirausaha juga dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan, komunikasi, negosiasi, dll.

Menciptakan perubahan

Wirausaha dapat menciptakan perubahan positif bagi dirinya sendiri, lingkungan, dan masyarakat. Wirausaha juga dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi, sosial, budaya, dll.

Membantu membuka lapangan kerja

Wirausaha dapat membantu membuka lapangan kerja bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Wirausaha juga dapat memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berkarya dan berprestasi.

Wawasan bertambah banyak

Wirausaha dapat bertambah banyak wawasan dari berbagai sumber dan pengalaman. Wirausaha juga dapat memperluas pengetahuan dan wawasan tentang berbagai hal.

Relasi semakin luas

Wirausaha dapat membangun relasi yang semakin luas dengan berbagai pihak. Wirausaha juga dapat memperoleh dukungan, bantuan, kerjasama, dll dari relasi-relasinya.

Waktu lebih fleksibel

Wirausaha dapat mengatur waktu kerja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Wirausaha juga dapat membagi waktu antara pekerjaan, keluarga, dan hobi.

Kesimpulan

Wirausaha adalah orang yang berani bekerja atau melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Wirausaha memiliki beberapa tujuan, karakteristik, dan manfaat yang membedakannya dari orang biasa.

Tujuan wirausaha adalah mengelola dan berani menanggung segala risiko dalam menciptakan peluang usaha dan usaha baru, mewujudkan nilai-nilai yang diinginkan dalam perilaku dan hasil bisnis, menghasilkan banyak wirausaha yang berkualitas, membantu membangun kesejahteraan masyarakat, mendorong semangat wirausaha kepada orang lain, menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi, mengembangkan potensi diri, melakukan apa yang disukai, melatih mental sebagai pemimpin, dan menciptakan perubahan.

Karakteristik wirausaha adalah percaya diri, kreatif dan inovatif, jujur, bertanggung jawab, berkomitmen tinggi, berorientasi pada hasil, memiliki kemandirian, dan selalu mencari peluang.

Manfaat wirausaha adalah penghasilan sesuai keinginan, mengembangkan potensi diri, melakukan apa yang disukai, melatih mental sebagai pemimpin, menciptakan perubahan, membantu membuka lapangan kerja, wawasan bertambah banyak, relasi semakin luas, dan waktu lebih fleksibel.

Wirausaha adalah salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup. Dengan menjadi wirausaha, kita dapat memberikan kontribusi bagi diri sendiri dan masyarakat.

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi Anda yang ingin menjadi wirausaha. Selamat mencoba! 😊

You May Also Like

About the Author: ilmupediaid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *